Sabtu, 09 Desember 2017

ASESMEN AWAL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH



FORMAT ASESMEN AWAL
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH
Nama Sekolah                   : ................................................................................................
Alamat :
Nama Kepala Sekolah    : ................................................................................................
Nomor HP                           : ................................................................................................
E-mail                                    : ................................................................................................
PETUNJUK UMUM
Untuk memastikan pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) mulai dari rancangan awal, pelaksanaan sampai evaluasi, sekolah perlu melihat potensi-potensi yang mendukung pengembangan karakter dan yang kurang mendukung di sekolah dan luar sekolah. Asesmen potensi ini merupakan langkah awal sebelum sekol ah memutuskan untuk mendesain program PPK. Tujuan asesmen awal adalah agar sekolah dapat mengidentifikasi sumber-sumber daya sebanyak mungkin yang telah dan dapat dipergunakan untuk mendukung implementasi PPK.
Isilah format di bawah ini dengan penjelasan dan deskripsi secara detail sehingga menggambarkan potensi awal yang menjadi modal sekolah dalam mengembangkan PPK
NO
KOMPONEN ASESMEN
DESKRIPSI
Internal
1
Identifikasi potensi aset budaya (misal: budaya bersih, kerja keras, gotong royong, regilius, dan sejenisnya) sekolah yang sudah ada sekarang ini




2
Keunikan sekolah yang bisa menjadi modal PPK (nilai-nilai utama PPK dan nilai-nilai khas yang relevan  dengan lingkungan sekolah itu  berada).

3
Potensi SDM yang ada di sekolah (kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa).



4
Identifikasi potensi sumber pembiayaan di sekolah




5
Identifikasi potensi sarana prasana yang ada
di sekolah



6
Identifikasi program pendidikan karakter yang sudah ada di sekolah



7
Identifikasi tata kelola sekolah (tata peraturan yang sudah ada, kebijakan-kebijakan yang mendukung, mekanisme evaluasi, pembagian peranan, dan lain-lain)

Eksternal
8
Identifikasi potensi lingkungan sosial budaya (gotong royong, agamis, seni, agraris, dan sejenisnya) di luar sekolah yang mendukung PPK.






9
Potensi SDM (seniman, ulama, tokoh adat, wirausahawan, dan sejenisnya) yang ada di sekitar lingkungan sekolah








10
Identifikasi pesan-pesan moral, kearifan lokal dan sejenisnya yang ada di masyarakat yang mendukung implementasi PPK








11
Identifikasi dukungan para pemangku kepentingan (dunia usaha, pemda, lembaga keagamaan, dan komunitas lainnya) terhadap implementasi PPK








12
Identifikasi potensi sumber pembiayaan (finansial, tenaga, sarana, bahan, dan lainlain) dari masyarakat.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar